4 Tips jadikan team anda Outperformer dengan Wildly Important Goal (WIG)

Kalau anda ingin membantu team dengan fokus dan kinerja yang bagus/tinggi; team anda harus selalu diberikan sesuatu yang sangat luar biasa untuk menjadi fokus, hal ini bisa kita sebut sebagai Wildly Important Goal atau WIG.

Hal ini sebenarnya saya dapatkan ketika GM saya saat itu merasa team kurang ambisius dan banyak melewatkan potensi untuk mencapai lebih. Berikut saya bagikan beberapa tips menjalankan WIGs.

Fokus pada satu tujuan yang luar biasa (mungkin tidak mudah untuk dicapai) sepeti mencoba membuat lubang di kertas dengan satu jari anda di mana anda berikan kekuatan khusus di jari itu untuk bisa membuat lubang.

Pastikan fokus pada 1 – 2 goal luar biasa dan sediakan waktu dan energi untuk goal tersebut. Anda dapat menghindar hal hal yang bisa membuat anda lupa fokus seperti menolak atau mengatakan tidak pada hal pada yang tidak berhubungan atau mengganggu anda mencapai goal anda. Adanya gol yang luar biasa itu membuat mereka fokus untuk mencari cara untuk mencapai goal itu.

Tips #1. Fokus 2 WIGs pada periode waktu yang sama

Seperti mesin yang bergerak secara berkesinambungan, pasti setiap bagian dari mesin itu punya tujuan atau hasil akhir. Mungkin ada banyak bahkan ratusan WIG di satu organisasi. Kuncinya adalah tidak membuat leader jadi overload dengan WIGs, maka dari itu cukup 1 – 2 sebenarnya sudah cukup. Ingat mereka semua kemungkinan menghadapi hal yang tiap hari selalu datang beruntun (kerjaan mereka sehari hari) jadi ingat aturan jangan membuat mereka overload dengan goal luar biasa lebih dari 2. Fokus akan hilang bila terlalu berlebihan.

Tips #2. Pilih pertempuran yang bantu anda menang Perang

Mau itu konflik militer, perang terhadap kelaparan, kanker, kemiskinan, selalu ada korelasi atau hubungan antara Perang & Pertempuran, anda menang di pertempuran adalah untuk menang Perang. Paham kenapa Pertempuran & Perang? contoh Perang Dunia ke 2 menjadi WIG untuk Sekutu menangkan dan caranya adalah memenangkan pertempuran pertempuran seperti Normandy, Midway, Dunkirk misalnya.

Pertempuran ini menunjukan bahwa WIGs juga harus didistribusikan ke beberapa layer di Organisasi dengan tujuan mencapai WIGs di level teratas. Apa yang ada di setiap layer memastikan layer di atas bisa tercapai dan tidak cukup bila hanya melakukan alignment atau support di layer tertentu karena semua layer harus saling bergerak ke arah yang sama dan sesuai

Tips #3. Leader boleh memilih tapi tidak menyuruh

WIGs tertinggi tidak pernah tercapai ketika strategi dirancang hanya oleh para pemimpin puncak organisasi dan hanya diberikan kepada para pemimpin dan tim di bawah ini. Tanpa keterlibatan, Anda tidak dapat membuat komitmen tingkat tinggi yang membutuhkan eksekusi.

Sementara para pemimpin di atas tidak diragukan lagi akan menentukan WIG tingkat atas, mereka harus mengizinkan para pemimpin di setiap layer di bawahnya untuk menentukan WIG untuk tim mereka. Ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan para pemimpin ini, tetapi juga menciptakan rasa kepemilikan dan keterlibatan yang lebih besar. Sederhananya, mereka menjadi lebih terlibat dalam tujuan yang mereka pilih sendiri dan yang mendukung tujuan organisasi yang layak. Para pemimpin kemudian menggunakan hak mereka untuk memveto jika pertempuran yang dipilih tidak akan memenangkan perang.

Tips #4. Semua Goal luar biasa itu harus ada Garis Finis (X ke Y dalam Jangka Waktu Z)

WIG di setiap level harus memiliki hasil yang dapat diukur dengan jelas, serta tanggal di mana hasil harus dicapai. Misalnya, WIG yang berfokus pada revenue bisa seperti: “Peningkatan revenue dibanding tahun lalu dari produk baru dari 15 persen menjadi 21 persen pada 31 Desember.” Format “dari X ke Y saat” membantu anda mengetahui posisi Anda hari ini, ke mana Anda ingin pergi, dan batas waktu untuk mencapai tujuan itu. Sesederhana kelihatannya formula ini, banyak pemimpin sering berjuang untuk menerjemahkan konsep strategis mereka menjadi satu dari X ke Y pada saat menyelesaikan garis. Tapi begitu mereka melakukannya, baik mereka dan tim yang mereka pimpin telah mendapatkan kejelasan yang luar biasa.

Coba bayangkan, di kepala anda ada gelembung pemikiran, dan di dalam gelembung itu semua adalah berbagai aspek strategi Anda, termasuk peluang yang ingin Anda kejar, ide dan konsep baru, masalah yang Anda tahu perlu Anda perbaiki, dan banyak “apa” dan “bagaimana” untuk menyelesaikan semuanya. Gelembung Anda rumit dan kacau. Itu juga sangat berbeda dari gelembung di atas setiap pemimpin lainnya. Inilah sebabnya mengapa berfokus pada WIG mengharuskan Anda untuk menerjemahkan strategi Anda dari konsep ke target, dari niat strategis yang tidak jelas ke garis finish yang spesifik.

Ingatlah bahwa empat tips mengenai WIGs ini patut dijalankan. Pada satu waktu, anda mungkin akan mencoba menipu proses ini. Kita sering ingin melakukan hal yang sama di dalam organisasi kami. Namun, apa yang kami pelajari adalah bahwa aturan yang mengatur fokus adalah seperti aturan yang mengatur gravitasi: Mereka tidak peduli dengan apa yang Anda pikirkan atau dengan perincian situasi khusus Anda. Mereka hanya menghasilkan konsekuensi yang dapat diprediksi. Ingat, anda merencanakan konsekuensi atau hasilnya nanti.

Prinsip fokus pada beberapa tujuan vital (WIGs) adalah akal sehat; itu bukan praktik biasa. Kadang ada yang merasa sulit untuk melepaskan banyak tujuan yang baik sampai mulai menjalankan tujuan yang lebih besar. Seperti yang sering dikatakan Steve Jobs, “Saya bangga dengan apa yang tidak kami lakukan seperti saya terhadap apa yang kami lakukan.” Berfokus pada hal yang sangat penting adalah tentang mendefinisikan tujuan yang lebih besar, dan itu adalah disiplin.

Share your love
Facebook
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *