Catat, Ini 7 Kunci Penting Jadi Pakar yang Sukses Dibayar Mahal

Menjadi seorang pembicara atau pakar yang sukses meraih pasar di zaman sekarang ini, tidak hanya mengandalkan keahlian semata. Ada beberapa cara yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan agar bisa mendapatkan bayaran tinggi. Berikut 7 sistem yang penting untuk Anda tingkatkan sebagai seorang pakar profesional:

1. Layanan Pelanggan (customer service)

Lewat sistem ini, Anda dengan mudah bisa melacak setiap masalah konsumen kemudian bisa menanganinya secara efektif saat masalah itu muncul. Pastikan semua klien tetap senang dengan menjawab setiap pertanyaan yang mereka ajukan dan menangani masalahnya sebaik mungkin.

2. Faktur Pembayaran (invoicing)

Terlebih dahulu menyiapkan semua format faktur pembayaran, ini akan memudahkan proses dengan klien. Hal ini juga membantu Anda melacak data pembayaran dengan mudah.

3. Pembuatan Konten (content creation)

Membuat konten yang hebat dan tepat sasaran akan menghemat banyak waktu. Kuncinya adalah menggarap beberapa konten yang perlu dibuat dan menyiapkan beberapa format untuk konten tersebut untuk memudahkan Anda saat punya ide baru. Misalnya Anda punya ide tema konten soal ide bisnis, format yang sudah Anda siapkan dalam bentuk podcast, blog, serta unggahan di media sosial.

4. Jaringan (networking)

Membangun relasi atau jaringan akan mendatangkan berbagai peluang bagi Anda. Sayangnya, seringkali orang tidak menindaklanjuti jaringan tersebut. Penting bagi Anda membangun sebuah sistem penyimpanan semua kontak yang Anda miliki. Di masa depan, saat bisnis sudah mulai berkembang, Anda akan mengetahui kesuksesan itu salah satunya berasal dari jaringan pertemanan dengan klien yang Anda jaga sejak masa lalu.

5. Pemasaran Lewat Media Sosial (social media marketing)

Sistem ini lebih menyoroti seberapa sering Anda melakukan pembaharuan di media sosial secara rutin. Sebagian besar orang, ini merupakan sistem pemasaran utama yang akan mereka lakukan. Sehingga sangat penting membangun sebuah sistem yang bisa meningkatkan pemasaran lewat media sosial secara otomatis dan semudah mungkin. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun konten sesuai saluran yang Anda pilih, melakukan penjadwalan otomatis untuk pengunggahan konten, kemudian melakukan interaksi dengan user lewat komentar dan unggahan. Semakin aktif Anda terlibat, semakin bagus pertumbuhan media sosial Anda.

6. Periklanan (advertising)

Sistem ini berhubungan dengan cara mengatur iklan dan melakukan promosi terhadap konten-konten yang Anda buat.

7. Manajemen Hubungan dengan Klien (client relationship management)

Mirip dengan sistem jaringan, sistem ini akan membantu Anda melacak klien-klien Anda dan mengatur dengan jelas hubungan Anda dengan klien tersebut. Harus jelas apa saja pekerjaan yang telah Anda lakukan bersama klien, siapa saja kontak Anda dan apa saja tanggapan yang Anda dapatkan dari hasil kerja sama dengan klien itu. Pastikan Anda punya sesuatu yang membuat mereka mudah mengingat Anda di masa mendatang.

Kesuksesan seorang pakar membutuhkan model bisnis yang kuat. Dengan rangkaian sistem ini dapat dipastikan Anda telah berada di jalur yang benar. Selamat mencoba!

Share your love
Facebook
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *