Apa yang Harus dilakukan Jika Karyawan Anda Terus Digoda

Dalam pasar kerja yang memanas, terutama di sektor-sektor di mana jumlah pekerjaan melebihi jumlah pekerja berbakat, ada kemungkinan besar jika perusahaan lain mencoba untuk melakukan poaching (merebut) karyawan Anda. Bukan hanya pada karyawan terbaik. Tapi, semuanya. 

Jika Anda menunggu hingga mengetahui kalau seorang karyawan Anda direkrut perusahaan lain, Anda membuang waktu terlalu lama. Inilah 4 cara menjadi proaktif menjaga karyawan terbaik Anda. 

Pastikan kompensasi Anda sesuai 

Pertama dan paling utama, Anda perlu mengatur kompensasi. Pantau harga pasar untuk talenta di bidang Anda. Temukan cara supaya bisa memberikan kenaikan gaji untuk rekan yang secara signifikan dibayar di bawah harga pasar. Jika Anda menyadari adanya ketidakadilan, maka karyawan Anda akan merasakan demikian juga. Kemudian, cari tahu pula keuntungan apa yang ditawarkan oleh kompetitor Anda dan pastikan Anda setara dengan mereka. Gaji yang layak bukanlah satu-satunya yang dipedulikan karyawan, tetapi gaji rendah dan keuntungan yang sedikit bisa membuat orang mencari pintu keluar. 

Akui kekurangan dan tonjolkan kelebihan Anda

Ketika karyawan Anda mempertimbangkan untuk meninggalkan perusahaan Anda demi perusahaan lain, hal ini menciptakan pola pikir komparatif. Akibatnya, mereka mulai fokus pada keuntungan bekerja di perusahaan yang merekrut mereka sambil memikirkan uneg-uneg terbesar selama bekerja dengan Anda. Itu artinya Anda perlu menyadari komplain paling penting yang diberikan karyawan Anda. Dengarkan keluhan mereka. Pahami aspek dari tempat kerja Anda yang membuat orang kesal.

Mungkin Anda menemukan beberapa hal mudah untuk diperbaiki. Contohnya, seorang teman mengatakan pada saya kalau karyawannya kesal kalau pengembangan profesional dihentikan selama pandemic. Dia dengan segera melakukan survei mengenai topik yang paling diminati orang dan menjadwalkan ahli untuk mendiskusikan hal tersebut. Ada baiknya melihat masalah yang relative sederhana dibandingkan kehilangan seorang karyawan karena kesalahan yang tak disengaja.  

Meskipun demikian, kemungkinan besar ada banyak hal yang membuat karyawan kesulitan bekerja di perusahaan Anda, mulai dari sesederhana budaya perusahaan atau proses kerja inti yang tertanam begitu dalam, sehingga sulit untuk diperbaiki. Ketika Anda bertemu dengan karyawan, akui beberapa kekurangan tersebut, sehingga mereka tahu kalau Anda juga menyadarinya. Hanya dengan mengetahui kalau semua orang menyadari aspek tertentu dalam pekerjaan itu tidak sempurna, hal itu bisa membantu meminimalkan dampak dari beberapa masalah. 

Di saat yang sama, pikirkan mengenai beberapa keuntungan dari bekerja di perusahaan Anda yang nampak kurang jelas. Misalnya, alasan umum kenapa staf di universitas memilih pergi adalah karena tingkat gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan pekerjaan setara untuk perusahaan profit. Di lain sisi, beban kerja seringnya mengikuti jadwal akademis, sehingga ada pasang surut dalam setiap tahun yang sering dilewatkan oleh karyawan ketika mereka pergi. Secara umum, ketika orang berpindah dari perusahaan satu ke yang lain, mereka menukar sekumpulan masalah dengan lainnya. Meskipun pekerjaan baru kemungkinkan memiliki beberapa keuntungan, pekerjaan lama kemungkinan memiliki keuntungan yang tidak disadari hingga mereka pergi. Dengan mengingatkan orang mengenai aspek positif dari lingkungan kerja bisa membuat faktor-faktor tersebut masih dalam bayangan ketika orang mempertimbangkan untuk pergi. 

Menciptakan rencana karier

Satu hal yang bisa mengurangi godaan karyawan untuk mengambil tawaran dari luar adalah prospek jika mereka berada di jalan untuk mencapai tujuan karier mereka. Bisa jadi sulit bagi orang untuk meninggalkan tujuan mereka saat masih dalam proses dan belum sepenuhnya tercapai. Sayangnya, 

Proses evaluasi HR tahunan harus memiliki sebuah komponen pengembangan di dalamnya dari awal. Manajer harus mengetahui apa yang diharapkan oleh anggota timnya untuk dicapai di karier mereka, dan harus ada langkah spesifik yang dibangun ke alur kerja tersebut untuk mendukung mereka di jalan tersebut sepanjang tahun. Selain itu, berpikirlah realistis mengenai kerangka waktu di mana promosi dan bentuk kemajuan lainnya mungkin terjadi.  

Memiliki jalur karier yang jelas tidak akan mencegah karyawan direkrut oleh perusahaan lain, tetapi akan memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan yang lebih jelas tentang perkembangan karier di perusahaan baru. Sering kali sulit bagi perekrut untuk memberikan jalur karier atau timeline yang spesifik kepada karyawan prospektif. Semakin baik Anda dalam menolong karyawan mengetahui jalur karier yang mereka lalui di perusahaan Anda, Anda akan membuat kepergian karyawan seperti lompatan ke tempat yang tidak diketahui. Hal itu hanya akan membantu Anda mempertahankan karyawan terbaik Anda. 

Tingkatkan pelatihan

Strategi umum dari perekrut adalah mencoba mengurangi keterikatan karyawan dengan perusahaan mereka saat ini. Mereka berfokus untuk membuat orang berpikir jika mereka tidak didukung atau membuat situasi di mana struktur perusahaan mereka menyulitkan untuk memiliki dampak yang mungkin mereka inginkan dalam pekerjaan mereka saat ini. Artinya, mereka mencoba membuat karyawan merasa kurang seperti bagian dari lingkungan kerja dan seolah mereka dan majikan mereka adalah orang asing. Semakin banyak orang merasa tidak terlibat dalam tempat kerja mereka, berpindah pekerjaan baru semakin terasa seperti transaksi yang mudah. Itu berarti para atasan harus menginvestasikan diri sebagai mitra kesuksesan karyawan, sehingga mereka merasa berhutang sebagian dari pencapaian mereka untuk keterlibatan perusahaan mereka. 

Pelatihan dan mentoring adalah cara yang bagus untuk menciptakan kemitraan jangka panjang itu. Minimal, perusahaan harus memberikan tunjangan pendidikan tahunan kepada karyawan yang bisa digunakan untuk kelas dan program sertifikasi dari penyedia pendidikan berkelanjutan dan profesional. Lebih baik lagi jika banyak dari penyedia ini akan bekerja dengan perusahaan Anda untuk menyediakan program pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan karyawan Anda.

Petakan rencana pelatihan karyawan untuk tahun ini selama diskusi jalur karier Anda dengan mereka. Pembelajaran berkelanjutan semacam ini menguntungkan kinerja pekerjaan orang pada saat itu, karena keterampilan yang mereka peroleh dapat diterapkan di tempat kerja. Lebih penting lagi (setidaknya dari perspektif mempertahankan karyawan terbaik Anda), ini menciptakan ikatan yang lebih erat yang mempersulit karyawan untuk meninggalkan perusahaan ketika tawaran lain datang.Poaching adalah sebuah realita kenyataan dalam berbisnis, tetapi hal ini akan menjadi perhatian penting saat lowongan pekerjaan melebihi jumlah kandidat. Para manajer tidak harus menunggu untuk mengambil langkah-langkah tertentu supaya membuat karyawan mereka merasa puas dan merasakan keterlibatan dengan perusahaan.

Sumber: HBR (Art Markman, 24 Maret 2022)

Share your love
Facebook
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *