Tips Jaga Motivasi Karyawan setelah Performance Review

Sebagai seorang people manager, proses diskusi performance review selalu jadi tantangan tersendiri terutama bila bisnis sedang tidak bagus dan performa team member juga menunjukan hasil yang tidak bagus juga walaupun hal hal yang dilakukan juga sudah sesuai.

Diskusi atau sesi ini bisa menjadi emosional dan dibahas di artikel sebelumnya, dan melalui artikel ini ada tips tambahan bila kita ingin menjaga motivasi team member dan membantu dia untuk 6 bulan ke depan, berikut yang bisa dilakukan:

  1. Persiapkan bahan yang akan dibahas: Kumpulkan semua data dan informasi yang relevan tentang kinerja anggota tim, termasuk bidang perhatian khusus dan contoh kekuatan mereka; serta contoh kejadian yang ada & yang ideal seperti apa
  2. Sesi ini sebaiknya face to face dan tidak di publik: Pastikan untuk menjadwalkan pertemuan empat mata dengan anggota tim dalam pengaturan pribadi dan rahasia, sehingga Anda dapat melakukan percakapan yang terbuka dan jujur.
  3. Pastikan spesifik dan jelas: Perjelas dan spesifik tentang bidang kinerja anggota tim mana yang perlu ditingkatkan, dan berikan contoh atau data konkret untuk mendukung poin Anda. Fokus pada fakta dan kurangi opini kecuali ditanya, karena opini bisa tergiring jadi poin argument, bisa juga fokus pada expectation vs reality dan dilihat gapnya
  4. Fokus pada periode ke depan: Daripada memikirkan kesalahan atau kekurangan di masa lalu, cobalah untuk fokus pada masa depan dan bagaimana anggota tim dapat meningkatkan kinerjanya ke depan.
  5. Berikan dukungan dan panduan: Akan sangat berguna dengan adanya saran dan solusi tentang bagaimana team member dapat meningkatkan kinerjanya dan tawarkan sumber daya atau dukungan apa pun yang mungkin tersedia untuk membantu mereka berhasil.
  6. Tetapkan target/goal dan ekspektasi yang jelas: Tetapkan tujuan yang spesifik dan dapat dicapai untuk dikerjakan oleh team member dalam 6 bulan ke depan, dan pastikan mereka memahami apa yang diharapkan dari mereka. Sebisa mungkin ada milestone yang terukur baik waktu maupun penilaian
  7. Follow Up: Jadwalkan waktu untuk cek progress & follow up untuk membahas kemajuan dan memastikan bahwa team member mengambil langkah untuk meningkatkan kinerjanya. Update progres secara reguler selain baik untuk engagement, baik juga untuk diskusi mengenai tantangan dan kesempatan.

Performance review bisa jadi menantang, terutama bila ada feedback negatif yang akan disampaikan. Namun, dengan mengikuti tip yang diuraikan di atas, Anda dapat menyampaikan berita yang kurang bagus dengan cara yang baik, penuh hormat, dan pada akhirnya memotivasi anggota tim. Dengan berfokus pada masa depan atau periode berikutnya, menetapkan target/gol dan ekspektasi yang jelas, serta menawarkan dukungan dan bimbingan, Anda dapat membantu team member melihat bahwa masih ada ruang untuk tumbuh dan berkembang. Dengan sesi follow up rutin, Anda dapat tetap berada di jalur dan memastikan bahwa team member tetap termotivasi dan terlibat dalam pekerjaan mereka selama 6 bulan ke depan.

Share your love
Facebook
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *