Lakukan 7 Hal ini Saat saat Performance Review jika Anda adalah Team Member

Biasanya kita melakukan proses performance review atau kinerja dua kali dalam setahun: mid year & end of year review. Proses Review ini harus dilalui dengan sesi diskusi atau feedback, baik untuk People Manager untuk memberikan feedback ataupun Team Member sebagai yang menerima Feedback dan tentunya ada proses klarifikasi bila diperlukan (biasanya).

Proses performance review ini bisa jadi sesi yang berpotensi menjadi tidak nyaman, berikut adalah beberapa tip untuk mengendalikan emosi Anda selama percakapan yang sulit dalam sesi performance review (ulasan kinerja) dalam posisi Anda sebagai team member atau sebagai yang sedang direview:

  1. Persiapkan Mental State Anda: Rating performance kita biasanya ada 3 yaitu Below, Meet atau Over Expectation. Siapkan diri Anda untuk menerima tiga feedback tersebut dan bayangkan reaksi anda; kenali reaksi emosional Anda dan siapkan response yang sesuai dengan yang Anda inginkan.
  2. Tarik napas dalam-dalam: Sebelum percakapan, tarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk menenangkan saraf Anda. Ini dapat membantu Anda tetap fokus dan berpikiran jernih selama diskusi.
  3. Tetap berpikiran terbuka: Dalam diskusi atau percakapan dilakukan dengan pikiran terbuka, daripada bersikap defensif atau reaktif. Ingatlah bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja Anda, bukan untuk berdebat atau membuat alasan.
  4. Dengarkan secara aktif: Perhatikan apa yang dikatakan manager Anda saat memberikan feedback dan cobalah untuk memahami perspektif mereka. Ini dapat membantu Anda tetap fokus dan menghindari terjebak dalam emosi Anda sendiri.
  5. Ajukan pertanyaan: Jika Anda tidak memahami sesuatu atau ingin mengklarifikasi suatu hal, jangan takut untuk bertanya. Ini dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang umpan balik dan bagaimana Anda dapat meningkatkannya. Bila perlu, coba tanyakan untuk memberikan contoh agar kita juga bisa paham dengan tujuan klarifikasi
  6. Tetap tenang: Jika Anda mulai merasa kewalahan atau kesal, cobalah untuk tetap tenang dan tenang. Ini dapat membantu meredakan situasi dan membuat percakapan tetap produktif.
  7. Buat catatan: Pertimbangkan untuk membuat catatan selama percakapan untuk membantu Anda mengingat poin-poin penting dan ide-ide yang dibahas. Ini juga dapat membantu Anda tetap fokus dan menghindari terjebak dalam emosi Anda.

Ada berbagai pertanyaan yang dapat Anda ajukan dalam sesi performance review terutama dengan tujuan klarifikasi dan planning ke depannya, berikut beberapa contohnya:

  • “Apa saja area spesifik di mana saya dapat meningkatkan kinerja saya?”
  • “Apa kekuatan saya dan bagaimana saya bisa terus mengembangkannya?”
  • “Apa harapan untuk peran saya dan bagaimana saya bisa memenuhinya dengan lebih baik?”
  • “Peluang pertumbuhan dan perkembangan apa yang tersedia di dalam perusahaan?”
  • “Bagaimana saya dapat berkolaborasi dan bekerja dengan tim dan kolega saya dengan lebih baik?”
  • “Sumber daya atau dukungan apa yang tersedia untuk membantu saya berhasil dalam peran saya?”
  • “Umpan balik apa yang Anda miliki tentang keterampilan komunikasi saya dan bagaimana saya dapat meningkatkannya?”
  • “Tujuan apa yang Anda miliki untuk peran saya di tahun mendatang dan bagaimana saya bisa mendukungnya?”

Setelah membaca tips di atas, diharapkan Anda bisa lebih siap dengan diskusi Performance Review dan semoga bisa bantu anda menghadapi periode berikutnya.

Share your love
Facebook
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *