Tips Jitu Performance Review Efektif untuk People Manager

Proses memberikan feedback saat performance review baik mid year maupun end of year tidaklah selalu mudah terutama bila feedback yang diberikan secara penilaian tidak bagus. Hal ini menjadi tantangan bagi people manager. berikut adalah beberapa tips untuk mengendalikan emosi Anda selama percakapan yang sulit dalam performance review untuk anda sebagai pemberi feedback:

  1. Tarik napas dalam-dalam: Sebelum percakapan, tarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk menenangkan saraf Anda. Ini dapat membantu Anda tetap fokus dan berpikiran jernih selama diskusi.
  2. Tetapkan niat atau intent: Tentukan tujuan Anda untuk diskusi performance review dan cobalah untuk mengingatnya selama diskusi. Ini dapat membantu Anda tetap fokus dan menghindari teralihkan oleh emosi terutama emosi yang sifatnya negatif.
  3. Tetaplah berpikir objektif: Cobalah untuk tetap objektif dan fokus pada fakta situasi, daripada terjebak dalam perasaan atau bias pribadi.
  4. Gunakan kata “saya” dalam diskusi: Coba selalu menggunakan kata “Saya” untuk mengekspresikan perspektif dan perasaan Anda, daripada menyalahkan atau mengkritik orang lain. Ini dapat membantu meredakan ketegangan dan membuat percakapan tetap fokus pada masalah yang sedang dihadapi.
  5. Tetap tenang: Jika Anda mulai merasa kewalahan atau kesal, cobalah untuk tetap tenang dan tenang. Ini dapat membantu meredakan situasi dan membuat percakapan tetap produktif.
  6. Take A Break: Jika keadaan mulai memanas, mungkin berguna untuk beristirahat dan kembali ke percakapan nanti. Ini bisa memberi Anda berdua kesempatan untuk menenangkan diri dan mendekati diskusi dengan pikiran jernih.

Semoga beberapa tips ini dapat membantu anda sebagai People Manager dalam sesi diskusi Performance Review.  Tips terbaik berdasarkan pengalaman saya adalah dengan merencanakan point point yang dibahas serta melatih kira kira feedback yang didapat seperti apa dan response kita akan seperti apa; jadi kita bisa bayangkan dan rencanakan sesi performance review itu 

Share your love
Facebook
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *