5 Prinsip Leadership yang memiliki Tujuan

Beranjak dewasa, saya pikir leaders yang sukses seharusnya mencari tahu semua jawaban mereka sendiri. Menjadi pintar—dan memastikan semua orang mengetahuinya—tampaknya menjadi atribut mereka yang paling mencolok. Sekolah terbaik seharusnya mengarahkan ke pekerjaan terbaik, yang menghasilkan leaders terbaik. Kekuasaan, ketenaran, kemuliaan, dan uang adalah ukuran kesuksesan profesional. Di awal karier saya, para leaders bisnis terkemuka seperti Jack Welch dari GE dihormati karena kecerdasan, kepekaan strategis, dan gaya mereka yang keras. Mereka dianggap jenius yang sempurna, menginspirasi orang yang ingin jadi serupa dengannya.

  • Model tradisional leader-hero ini adalah orang terpintar dalam kelompok, dan terlalu sering dihttps://ruangpikir.com/wp-content/uploads/2020/11/single-post-featured-image10.jpgg oleh kekuasaan, ketenaran, kemuliaan, atau uang yang tidak sesuai di lingkungan masa ini. Hal ini benar adanya karena beberapa alasan:
  • Lingkungan yang cepat berubah, kompleks, dan tidak dapat diprediksi saat ini memerlukan jenis leadership yang berbeda. Tidak ada yang bisa mengklaim memiliki semua jawaban untuk memecahkan krisis kompleks yang kita hadapi, dan perusahaan yang paling mudah beradaptasi adalah perusahaan yang keputusannya didesentralisasikan.
  • Dengan pemikiran jika tujuan perusahaan lebih dari sekadar menghasilkan uang, model leader-hero yang bekerja keras dan mengoptimalkan keuntungan telah kehilangan banyak daya tariknya.
  • Semakin banyak karyawan sekarang ini lebih menghargai kejujuran dan koneksi di atas kekuatan dan kesempurnaan.
  • Sifat pekerjaan telah berubah dari jenis pekerjaan yang lebih mekanis dan berulang menjadi pekerjaan yang membutuhkan kecerdikan dan kreativitas.
  • Leaders yang sukses dapat dengan mudah mulai percaya jika mereka tidak tersentuh dan pada akhirnya menjadi orang yang sangat dibutuhkan. Sangat mudah untuk tergoda oleh kekuasaan, ketenaran, kemuliaan, dan uang. Sangat mudah untuk terputus dari kenyataan dan dari rekan kerja, dikelilingi oleh para penjilat.

Tidak mengherankan, orang-orang saat ini mengharapkan leaders yang berbeda. Ketika setiap perusahaan harus menentukan sudut pandang leadership sendiri, inilah filosofi yang kami terapkan di Best Buy sebagai bagian dari perubahan dan pembaruan kami yang mengejutkan. Ini didasarkan pada lima prinsip dari apa yang saya yakini mencirikan leaders yang mampu melepaskan human magic yang Anda lihat di tempat kerja di beberapa perusahaan berkinerja paling tinggi. Filosofi ini mendasari prinsip-prinsip leadership yang saya yakini ada di The Heart of Business di masa ini.

Perjelas tujuan Anda.

Ya, tujuan Anda, tujuan orang-orang di sekitar Anda, dan bagaimana hal itu terhubung dengan tujuan perusahaan Anda.

Jumlah yang mengejutkan dari karyawan yang meninggalkan pekerjaan atau memikirkan ulang untuk meninggalkannya selama beberapa bulan terakhir telah memberikan pencerahan baru pada masa pra-Covid bahwa tujuan, baik bagi individu maupun kolektif, adalah inti dari bisnis. Saya telah menulis tentang beberapa aspek tujuan perusahaan, mulai dari bagaimana mendefinisikannya dan mewujudkannya hingga mengapa itu merupakan elemen penting motivasi. Agar tujuan perusahaan berhasil, para leaders itu sendiri pertama-tama harus jelas tentang apa yang menhttps://ruangpikir.com/wp-content/uploads/2020/11/single-post-featured-image10.jpgg mereka dan orang-orang di sekitar mereka.

Corie Barry, penerus saya sebagai CEO Best Buy, pernah sharing dengan saya bahwa tujuan pribadinya adalah membuat sesuatu jadi sedikit lebih baik daripada sebelumnya, yang dia hubungkan dengan misi perusahaan untuk memperkaya kehidupan melalui teknologi. Setiap hari, dia mempertahankan hubungan dengan tujuan itu dengan bertanya pada dirinya sendiri bagaimana keadaan di Best Buy apakah di hari itu sedikit lebih baik atau tidak, karena dia bekerja di sana.

Penting pula bagi leaders untuk memahami apa yang menhttps://ruangpikir.com/wp-content/uploads/2020/11/single-post-featured-image10.jpgg orang-orang di sekitar mereka. Baru-baru ini, seorang CEO yang saya bina merasa anggota timnya lebih berfokus untuk memajukan fungsional mereka sendiri daripada perusahaan secara keseluruhan. Kami sama-sama menyadari bahwa, meskipun dia jelas tentang tujuannya sendiri dan perusahaannya, dia tidak tahu banyak tentang apa yang menhttps://ruangpikir.com/wp-content/uploads/2020/11/single-post-featured-image10.jpgg orang-orang di sekitarnya. Tanpa pengetahuan itu, dia tidak dapat membantu menghubungkan tujuan mereka dengan tujuan perusahaan dan memberikan daya tarik yang umum dan menyeluruh bagi semua anggota tim.

Perjelas tentang peran Anda.

Peran utama seorang leader adalah menciptakan energi dan https://ruangpikir.com/wp-content/uploads/2020/11/single-post-featured-image10.jpggan—terutama ketika keadaan sedang buruk. Peran untuk membantu orang lain melihat peluang dan potensi, menciptakan energi, inspirasi, dan harapan. Saya akan menolak ide ini 30 tahun yang lalu, tetapi ini penting untuk peran seorang leaders yang memiliki tujuan. Seperti yang dikatakan Dolly Parton: “Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih, Anda adalah seorang leader.”

Pesan video dari mendiang CEO Marriott Arne Sorenson kepada karyawan selama masa terburuk pandemi Covid-19 dengan kuat menggambarkan prinsip peran ini. Dia pertama kali menawarkan dukungan kepada karyawan yang terkena dampak virus secara langsung. Dia kemudian menjelaskan bahwa pandemi sangat memukul bisnis perhotelan Marriott serta langkah apa yang dilakukan perusahaan untuk mengurangi krisis. Tidak ada yang dilebih-lebihkan, tetapi juga tidak ada kepanikan. Akhirnya, dia fokus pada tanda-tanda pemulihan di Cina sebelum menyimpulkan kabar yang penuh harap, mengenang hari ketika orang-orang akan mulai travelling lagi. Pesannya jujur, menyentuh hati, dan mengharukan, sekaligus membangkitkan semangat dan menginspirasi.

Anda tidak dapat memilih keadaan tertentu, tetapi Anda dapat mengontrol pola pikir Anda. Pola pikir Anda menentukan apakah Anda memunculkan harapan, inspirasi, dan energi di sekitar Anda— atau menjatuhkan semua orang. Jadi, pilihlah dengan baik. Saya diingatkan akan hal ini setiap pagi ketika saya bekerja di Carlson. Sebuah patung Curt Carlson, pendiri perusahaan, berdiri di lobi kantor pusat perusahaan, diukir dengan kata-kata Illegitimi non carborundum—bahasa Latin tiruan yang gampangnya diterjemahkan sebagai “Jangan biarkan para bajingan menghancurkanmu.”

Secara lebih umum, peran Anda sebagai leaders adalah menciptakan lingkungan yang baik bagi orang lain untuk berkembang dalam mendukung tujuan perusahaan. Misalnya, di bawah pimpinan Reed Hastings, Netflix, sebuah perusahaan yang tujuannya adalah untuk “menghibur dunia”, telah menciptakan budaya “kebebasan yang bertanggung jawab” yang menghargai manusia daripada proses dan inovasi daripada efisiensi, sehingga menghasilkan pertumbuhan dan penemuan kembali yang telah menentang semua ekspektasi.

Perjelas siapa yang Anda layani.

Hint: Bukan diri Anda sendiri.

Elemen penting dari leadership yang memiliki tujuan adalah memperjelas siapa yang Anda layani dalam jabatan Anda, baik selama masa-masa yang baik maupun yang sulit. Sebagai seorang leader, Anda harus melayani orang-orang di garis depan dan menjalankan bisnis. Anda melayani rekan kerja Anda. Anda melayani dewan direksi Anda. Anda melayani orang-orang di sekitar Anda, dengan terlebih dahulu memahami apa yang mereka butuhkan untuk memberikan yang terbaik sehingga Anda dapat melakukan yang terbaik pula untuk mendukung mereka.

Bahkan, anggap semua orang sebagai pelanggan. Cara Anda memperlakukan karyawan atau pramusaji maskapai, misalnya, akan sangat memengaruhi pelayanan yang Anda terima. Ini adalah pelajaran bahwa seorang eksekutif atas di salah satu perusahaan tempat saya dulu bekerja belajar dengan cara yang sulit. Dia pernah terjebak di bandara setelah penerbangannya dibatalkan. Saat berdiri dalam antrean di meja layanan, dia kehilangan kesabaran saat menunggu penerbangannya dialihkan, kemudian dia maju ke depan antrian. “Apakah kamu tahu siapa aku?” desisnya pada orang di belakang meja. “Tuan-tuan dan nyonya-nyonya, saya butuh bantuan Anda,” kata pegawai maskapai itu, berbicara kepada para traveler yang sedang mengantri. “Kami memiliki masalah lupa identitas. Orang ini di sini tidak tahu siapa dia!”

Dibutuhkan kewaspadaan dan tingkat kesadaran diri yang sehat untuk menghindari perangkap yang dibuat oleh kekuasaan, ketenaran, kemuliaan, dan uang. Sebelum berbicara atau bertindak, jelaskan motivasi Anda dan siapa yang Anda coba layani. “Jika Anda yakin Anda melayani diri sendiri, atasan Anda, atau saya sebagai CEO perusahaan, tidak apa-apa—itu pilihan Anda,” saya pernah berkata kepada petugas Best Buy. “Tapi jika begitu, Anda tidak boleh bekerja di sini. Anda harus dipromosikan menjadi pelanggan.” Maksud saya, di Best Buy tidak ada ruang bagi orang-orang yang tujuan utamanya adalah untuk memajukan kepentingan mereka sendiri. Beberapa leaders berpikir bahwa menyingkirkan orang lain dan mendengarkan ego mereka sendiri akan membantu karier mereka. Tetapi seperti yang dikatakan dengan bijak oleh teman saya, Jim Citrin, yang memimpin CEO Spencer Stuart: “leaders terbaik tidak mendaki jalan mereka ke puncak di atas punggung orang lain, justru mereka dibawa ke atas.” Dan melayani orang lain adalah bagaimana hal itu bisa terwujud.

Dihttps://ruangpikir.com/wp-content/uploads/2020/11/single-post-featured-image10.jpgg oleh values.

Ketika saya bekerja untuk McKinsey di awal karir saya, saya mencari beberapa nasihat leadership dari salah satu rekan saya. “Katakan yang sebenarnya dan lakukan apa yang benar,” katanya.

Sebagian besar, kita semua sepakat tentang apa yang benar: kejujuran, rasa hormat, tanggung jawab, keadilan, dan kasih sayang. Setiap perusahaan memiliki value yang hebat di atas kertas. Tetapi value itu tidak baik jika hanya tetap di atas kertas. Dihttps://ruangpikir.com/wp-content/uploads/2020/11/single-post-featured-image10.jpgg oleh value berarti melakukan yang benar, bukan hanya mengetahui atau mengatakan apa yang benar. Peran seorang leader adalah untuk hidup dengan value ini, secara eksplisit mempromosikannya, dan memastikan mereka menjadi bagian dari struktur bisnis.

Johnson & Johnson, misalnya, terkenal dengan mottonya, pertama kali ditulis pada tahun 1943 oleh putra pendiri perusahaan. Kalimat pembukanya berbunyi: “Kami percaya tanggung jawab pertama kami adalah kepada pasien, dokter dan perawat, kepada ibu dan ayah dan semua orang lain yang menggunakan produk dan layanan kami.”

Keputusan perusahaan pada tahun 1982 untuk segera menghentikan produksi Tylenol, salah satu produk terlarisnya, dan secara sukarela menarik kembali 31 juta botol yang telah didistribusikan ke seluruh negeri, menggambarkan bagaimana para leaders perusahaan hidup dengan mottonya. Keputusan itu diambil setelah beberapa orang di daerah Chicago meninggal setelah menelan tablet yang ditemukan terkontaminasi sianida. Meskipun penarikan produk itu cukup merugikan dalam jangka pendek, hal tersebut dikenang secara luas sebagai model leadership dan manajemen krisis yang baik.

Melakukan apa yang benar tidak selalu sederhana, tentu saja, terutama selama krisis, ketika stres dan tekanan yang berlebihan dapat mengaburkan value diri kita. Harry Kraemer, profesor leadership di Kellogg dan mitra eksekutif perusahaan ekuitas swasta Madison Dearborn, menunjukkan bahwa salah satu prinsip utama yang harus dimiliki oleh para leaders adalah dengan yakin bahwa mereka akan melakukan hal yang benar dan melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan. Jika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang Anda percayai dan yang valuenya selaras dengan value Anda dan perusahaan, Anda tidak perlu mencari tahu sendiri apa yang benar dalam situasi ini. Anda akan menentukan hal yang benar bersama-sama, dan kemudian bertindak sebaik mungkin. 

Dihttps://ruangpikir.com/wp-content/uploads/2020/11/single-post-featured-image10.jpgg oleh value juga berarti mengetahui kapan harus angkat kaki ketika Anda tidak selaras dengan lingkungan Anda, baik itu rekan kerja Anda, atasan Anda, dewan Anda, atau value dan tujuan perusahaan Anda. Miliki kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaan antara apa yang Anda bisa dan tidak bisa ubah, seperti perkataan pepatah.

Jadilah otentik.

Ketika saya mengundurkan diri dari Best Buy pada tahun 2020, saya mengirim email ke leaders senior dan anggota dewan kami dan video perpisahan untuk semua karyawan perusahaan. “Aku mencintaimu!” adalah judul emailnya. Saya menyimpulkan video kepada karyawan dengan perasaan yang sama. Meletakkan hati dan jiwa saya dengan cara ini tidak terpikirkan beberapa tahun sebelumnya. Seperti banyak leaders di generasi saya, saya sudah lama percaya bahwa emosi tidak dimaksudkan untuk dibagikan dalam konteks bisnis. Saya diberitahu bahwa perjalanan terpanjang yang pernah Anda lakukan adalah 18 inci antara kepala dan hati Anda.

Ini adalah perjalanan yang panjang dan sulit memang, dan saya butuh seumur hidup untuk merangkul kelima prinsip tersebut, dan bagi saya sejauh ini, prinsip ini yang paling sulit: Jadilah diri sendiri, diri sejati Anda, seluruh diri Anda, versi terbaik dari diri Anda. Jadilah vulnerable. Jadilah otentik. Menjadi vulnerable dan otentik tidak berarti menyerahkan segalanya kepada rekan Anda. Bagi leaders, itu berarti berbagi emosi dan perjuangan ketika tepat dan bermanfaat bagi orang lain.

Karena banyak dari kita yang dipaksa bekerja dari rumah melalui video selama dua tahun terakhir, kita jadi lebih banyak mengungkapkan seluruh hal mengenai diri kita—anak-anak, anjing, kucing, masalah wifi, dan lain sebagainya. Hal ini tidak selalu nyaman dan mudah. Tapi kita semua harus melihat satu sama lain dalam sudut pandang baru, sebagai manusia seutuhnya. Karyawan mengharapkan leaders juga menjadi manusia. Ini dimulai dengan membuat diri kita rasa vulnerable, termasuk dengan mengakui apa yang tidak kita ketahui. Brené Brown menunjukkan bahwa vulnerability adalah inti dari hubungan sosial. Dan koneksi sosial, pada gilirannya, adalah jantung dari bisnis.

Cara kita memimpin memiliki implikasi mendalam pada orang-orang di sekitar kita dan cara kita menjalankan bisnis. Kita tidak dapat mengubah perusahaan, apalagi kapitalisme, kecuali kita merenungkan siapa diri kita sebagai leaders, dan khususnya pada pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Sudahkah Anda memutuskan ingin menjadi leaders seperti apa?
  • Bagaimana Anda menggambarkan tujuan Anda?
  • Bagaimana Anda menggambarkan peran Anda?
  • Apa yang Anda lakukan untuk menciptakan lingkungan di mana orang lain dapat berkembang?
  • Siapa yang Anda layani?
  • Value apa yang mendefinisikan diri Anda?
  • Apakah Anda melakukan yang terbaik untuk menjadi otentik, mudah didekati, dan vulnerable?

Jadi, mulailah dari diri Anda sendiri. Jadilah leader yang Anda inginkan. Jadilah perubahan yang ingin Anda lihat.

Sumber: HBR (Hubert Joly, 06 April 2022)

Share your love
Facebook
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *